Bagini Cara Hoaxers Memanipulasi Berita Asli Menjadi Berita Hoax



Semakin maju teknologi, semakin mudah orang berekspresi dan mencari informasi. Tapi rupanya tidak semua orang menggunakan teknologi untuk hal-hal yang bermanfaat. Ada banyak pihak yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melakukan hal-hal jahat dan tidak bertanggung jawab, seperti menyebarkan berita palsu atau HOAX.

Dan akhir-akhir ini banyak sekali berita hoax bisa kita temukan berserakan di social media, Facebook, twitter, Whatsapp dan lain-lain. Tentunya kalian sangat kesal dengan adanya berita "tidak benar" tersebut. Nah kali ini androidcustom.com akan menunjukkan bagaimana para HOAXERS memanipulasi berita dengan sangat mudahnya.

Tujuan kami  menyebarkan cara membuat cara Hoax ini bukan kan untuk tujuan jahat, tapi agar kalian tahu bahwa membuat berita hoax itu mudah. Sehingga kamu jadi lebih berhati-hati agar tidak tertipu dan percaya oleh berita hoax yang menyebar di screenshot sosial media.


Jadi, berikut cara membuat berita hoax atau yang suka disebut cara Inspect Element di browser.

  • Buka Browser (dalam uji coba ini saya menggunakan Google Chrome)
  • Buka link berita yang ingin kamu jadikan hoax. Cari aja sumber berita dari website yang terpercaya misalnya "Kompas.com, Detik.com Jawapost.com dll. (kali ini saya akan mencoba di Kompas.com dan detik.com) dibawah ini adalah screenshoot berita asli dari kompas.com tanggal 8-November 2016 Link Berita Asli. kemudian kita akan mencoba memanipulasi "Judul berita tersebut" sehingga menjadi lebih kontroversial.





  • Tekan F12 di keyboard komputer kamu. Fungsinya agar tab Developer Tools muncul di browser. maka akan muncul tampilan kode seperti dibawah ini:




  • Selanjutnya, jika kamu menggunakan browser Google Chrome, pencet Ctrl + Shift + C. Sementara jika menggunakan Internet Explorer sebagai browsernya, silakan tekan Ctrl + B. Ini bertujuan untuk mengaktifkan fungsi Inspect Element pada artikel yang kamu kehendaki.


  • Lalu coba kamu highlight judul berita yang akan kamu ubah menjadi hoax maka di sisi Inspect Element akan mengarah ke judul atau jika judul tidak muncul makan akan di arahakan ke (<h2>) di expand saja nanti akan muncul judul di bawahnya. 





  • Lalu klik pada judul yang ada di tab Developer Tools. Dan silakan ganti judulnya sesuka hati. Lalu close tabnya setelah selesai.



Hasil:


ASLI/BEFORE




HOAX/AFTER




Selain contoh di atas saya akan coba edit judul berita dari detik.com
Judul berita asli: DETIK DOT COM


  • ASLI/BEFORE:





  • HOAX/AFTER EDITING dengan menghilangkan kata "TIDAK dan di tambahi kata "Terus"







  • Langkah selanjutnya adalah ambil screenshot deh, lalu sebarkan di sosial media. SELESAI.
NB: Cara ini bukan hanya bisa edit Judul tapi juga Isi dari berita tersebut. 

SARAN akan Bahayanya berita Hoax ini:
Berita Hoax adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca agar percaya terhadap sesuatu yang tidak benar dengan memanfaatkan sesuatu yang sedang viral. Dalam hal ini, pembuat berita palsu biasanya memanfaatkan sebagian berita asli yang sudah tersebar agar terlihat meyakinkan. Saking bahayanya berita hoax, Google sampai mengeluarkan fitur anti hoax. 

Makanya, kalian jangan asal percaya terhadap semua foto hasil screenshot yang menyebar. Selalu tanyakan link aslinya agar kamu bisa memvalidasi setiap berita yang kamu dapatkan.
Thanks for reading my news about Bagini Cara Hoaxers Memanipulasi Berita Asli Menjadi Berita Hoax at my blog Mods Firmware if you want too share this article, please put the resource, and if you think this article is very usefully dont forget to bookmark this site with CTRL + D on your keyboard to web browser.

New and Hot Article's :